Pelatihan Manajemen Kebersihan Menstruasi dan Pengenalan Aplikasi OKY Oleh Mahasiswa KKN UIN SATU TULUNGAGUNG

Kendal, Gondang – Pada  tanggal 4 Agustus 2024 devisi Lingkungan dan Kesehatan melaksanakan grand program kerjanya yaitu Sosialisasi dengan tema “Pelatihan Manajemen Kebersihan Menstruasi dan Pengenalan Aplikasi OKY”. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan sosialisasi tersebut dapat membantu adik-adik SD Kendal mengenai awal mulanya saat menstruasi tiba serta penerapan mengunakan aplikasi OKY. Dimana kita dapat memanfaat  era digital ini menggunakan aplikasi yang ada. Sebenarnya banyak sekali macam aplikasi mengenai tanggal menstruasi, dan kami memilih salah satunya yang menurut kami  mudah dipahami, aman, tepat dan lengkap pada aplikasi OKY.

Kegiatan sosialisasi dimulai pada pukul 08.30 bertepatan di balai desa Kendal dengan 21 peserta serta menghadirkan 3 wali kelas. Acara dimulai dengan pembukaan dan sapaan kepada adik-adik siswi SD Kendal dari MC sendiri. Pembukaan ini dimaksudkan untuk memberi edukasi dan manfaat pada adik-adik siswi SD Kendal kelas 4,5 dan 6 yang baru memasukin masa pubertasnya. Acara selanjutnya penyampaian materi tentang “Pelatihan Manajemen Kebersihan Menstruasi dan Pengenalan Aplikasi OKY”.

Inti dari pemberian materi ini adalah memberikan informasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi, menjaga keseimbangan kesehatan untuk tubuh, mitos-mitos saat mestruasi, dan cara penggunaan aplikasi OKY guna membantu melihat jadwal saat mendekati menstruasi tiba. Setelah penyampain materi dilanjutkan dengan melakukan ice breaking agar adik-adik peserta tetap semangat yang dipandu oleh MC dan kakak dari divisi Lingkungan dan Kesehatan.

Acara selanjutnya mempraktikan secara langsung kepada adik-adik peserta sosialisasi cara penggunaan aplikasi OKY dibimbing secara langsung oleh kakak-kakak dari divisi Lingkungan dan Kesehatan. Acara selanjutnya kuis tanya jawab dari adik-adik peserta, dijawab oleh kakak pemateri dan pemberian doorprize. Pada sesi kuis adik-adik peserta sangat berantuias sekali, aktiv dan semangat dari sini kita dapat melihat peserta menyimak dan memahami pemateri.  Acara akhir yaitu penutup dengan sesi pemberian snack dan sesi foto bersama kepada siswi kelas 4,5 dan 6, wali kelas, dan kakak divisi Lingkungan dan Kesehatan.

 

 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?