KKN UIN SATU Adakan Kegiatan Sosioalisasi Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital

Kegiatan sosioalisasi Parenting

Kegiatan sosialisasi parenting dengan tema “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital” yang dilaksanakan pada hari Minggu (4 Agustus 2024) di Balaidesa Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Sosialisasi tersebut menghadirkan Kepala Desa Kendal,.., beserta perwakilan orang tua siswa. Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan diikuti oleh para peserta dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Kendal dan pemaparan materi yang disampaikan oleh Dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu Ibu Fitria Rismaningtyas, M. Sos. Kegiatan berjalan dengan tertib, aman, dan lancar serta meningkatkan kualitas pengasuhan anak melalui pengetahuan dan keterampilan baru bagi orang tua dan pendidik.

Peran orang tua dalam mengasuh, melindungi, membesarkan dan membimbing sesuai dengan tahapan perkembangannya tidaklah mudah. Terlebih lagi selama sepuluh tahun terakhir teknologi informasi dan komunikasi berjalan semakin pesat yang dapat menjadi pengaruh utama dalam mengubah gaya hidup, pola pikir, sikap, menyerap pengetahuan dan berkomunikasi. Salah satu peran orang tua di era digital adalah orang tua memberikan batasan yang jelas kepada anak tentang hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan pada saat menggunakan perangkat digital. Sejalan dengan itu, orang tua dapat membimbing dan mengawasi serta memberikan kejelasan terhadap batasan terhadap penggunaan gadget.

Tentunya mendampingi anak dan memberikan pola pengasuhan yang tepat di era digital ini merupakan tantangan yang luar biasa karena orang tua tidak lahir dan tumbuh dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Maka orang tua harus memiliki pengetahuan dan cakap dalam penggunaan gadget seperti komputer, perangkat pintar, dan internet yang tepat, serta menyadari risiko yang terlibat dalam penggunaannya. Selain itu juga penciptaan lingkungan yang aman untuk konsumsi media melalui pemilihan perangkat dan konten yang sesuai dengan usia juga diperlukan.

Bukan hanya itu, orang tua juga harus menjadi contoh bagi anak-anak mereka sebagai pengguna gadget yang bertanggung jawab dengan menguasai perkembangan teknologi agar mempermudah anak ketika beraktivitas serta memberikan pondasi yang kuat agar dapat bertahan di era digital ini. Hal ini mengharuskan orang tua untuk tidak hanya lebih mahir dan sadar akan risiko penggunaannya daripada anak-anak melainkan juga untuk tetap up-to-date dengan produk dan tren baru untuk mencegah pembentukan kesenjangan digital antara orang tua dan anak.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?