Penyuluhan Bisnis Anggota Karang Taruna Desa Kendal Untuk Memperkuat Potensi Desa oleh KKN Universitas Negeri Malang

Tulungagung, 18 Juni 2021 — Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna sendiri adalah organisasi yang mewadahi pemuda-pemudi di desa yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dan memiliki tujuan yang sama. Karang Taruna juga mempunyai peran penting dalam membantu meningkatkan potensi desa, salah satunya dapat dilakukan dengan cara menciptakan bisnis baru dengan memanfaatkan peluang yang ada di desa sekitar.

Tepat pada hari Jum’at, 18 Juni 2021, 18 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam tim KKN Desa Kendal Tulungagung telah menyelenggarakan program kerja yaitu Penyuluhan Bisnis Karang Taruna. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Desa Kendal mengundang Kepala Desa Kendal, 10 anggota Karang Taruna dan ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Tulungagung yaitu Mas Danar Tandianma selaku pemateri dalam penyuluhan kali ini. Kegiatan ini dipandu oleh Master of Ceremony yaitu Elok Putri mahasiswa prodi S1 Fisika. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan dari Koordinator Desa Kendal yaitu Aldo Kurniawan dan dilanjutkan dengan pengisian materi penyuluhan bisnis karang taruna oleh Mas Danar Tandianma dengan tema “Membangun Jiwa Kewirausahaan dan Membidik Peluang Bisnis”.

      ( Pemateri Memberikan Materi Bisnis)

Dalam materi tersebut, pemateri menjelaskan bahwasanya dalam berbisnis tidak hanya mengandalkan modal tetapi juga niat atau mental. Niat atau mental tersebut menjadi suatu cara awal yang dapat dilakukan dalam memulai suatu bisnis. Kemudian pemateri menyampaikan bahwa berbisnis sebaiknya dilakukan sesuai dengan passion atau keinginan, supaya dalam menjalankan bisnisnya seseorang memiliki semangat untuk bangkit ketika bisnis tersebut mengalami kerugian. Pemateri juga menyampaikan bahwa dalam berbisnis dibutuhkan mentor untuk mengarahkan bagaimana bisnis bisa berjalan dengan baik. Selain itu, potensi yang ada di desa seperti kerajinan atau bidang peternakan juga bisa dimanfaatkan dalam memulai suatu bisnis.

Acara penyuluhan bisnis karang taruna ini berjalan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan oleh panitia KKN Universitas Negeri Malang. Kegiatan berjalan dengan lancar dan dari peserta Karang Taruna sendiri sangat antusias terhadap acara yang dilaksanakan oleh panitia KKN Universitas Negeri Malang.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?