Pelatihan Pengolahan Stik Tempe Coklat oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha Masyarakat Desa Kendal

UMKM merupakan salah satu faktor yang mendorong kemajuan perekonomian suatu daerah. Adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat bersaing dengan bijak dan inovatif sehingga dapat mensejahterakan seluruh masyarakat desa Kendal. Pelatihan ini diadakan untuk membantu perekonomian masyarakat dan mengembangan UMKM yang ada.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang telah melaksanakan Pelatihan Pengolahan Stik Tempe Coklat di Balai Desa Kendal, kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kendal Bapak Eko Alryanto dan perwakilan dari setiap RT yang ada, yaitu RT 1 s.d RT 8. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerumunan guna menaati prokes yang ada. Peserta yang hadir diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki tempat pelatihan.

Acara pelatihan diisi dengan pemaparan pendahuluan untuk meyakinkan dan membuka pola pikir masyarakat dalam mengembangkan UMKM yang ada di desa Kendal. Pemaparan ini disampaikan oleh Elok Putri Cindya Sari mahasiswi Universitas Negeri Malang Jurusan Fisika.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan proses pembuatan stik tempe coklat oleh Aldo Kurniawan mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Antusias dari masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan ini, sehingga banyak pertanyaan yang ditanyakan saat sesi sharing yang mayoritas para RT berharap diadakannya pelatihan intensif ke RT mereka masing-masing.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?