PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA TANAM DARI FERMENTASI SEKAM PADI DI DESA KENDAL, KECAMATAN GONDANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG

Minggu, 27 Juni 2021 tim KKN UM 2021 yang bertugas di Desa Kendal menyelenggarakan sebuah pelatihan pemanfaatan sekam padi sebagai media tanam. Pelatihan ini memiliki sasaran yang meliputi para ketua RT yang berjumlah delapan orang. jumlah undangan yang terbatas ini mengingat bahwa di Desa Kendal sendiri masihh dalam suasana covid-19 sehingga masih harus menerapkan protokol kesehatan.

Pelatihan yang diselenggarakan ini membahas alasan dipilihnya sekam padi sebagai media tanam sekaligus praktik langsung yang diikuti oleh peserta secara berkelompok. Awalnya pengantar berupa pemateri diberikan oleh salah satu tim KKN UM Desa Kendal 2021 yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik dengan pendampingan dan contoh langsung. Peserta yang ada dibagi menjadi dua kelompok dengan pendampingan dari panitia pada setiap kelompok sebanyak dua panitia.

Ketika praktik berjalan, para peserta mulai diperkenalkan terlebih dahulu dengan bahan. Kemudian dilanjutkan dengan mencampurkan setiap bahan yang ada dengan panduan dan bantuan. Pada tahap ini para peserta sangat bersemangat sehingga suasana pelatihan yang ada menjadi lebih hidup. Setelah praktik selesai, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi dan pelatihan yang diberikan. Tentu hal ini tidak disia-siakan para peserta sehingga berbagai pertanyaan diajukan.

Pada akhir kegiatan, setiap peserta diberikan sampel gratis berupa hasil jadi dari media tanam dari fermentasi sekam padi yang siap dipakai. Selain itu, sebagai bukti terlaksananya pelatihan ini maka semua panitia beserta peserta berfoto bersama di akhir kegiatan. Acara ini dimulai pukul 09.30 dan berakhir tepat pukul 11.00 sesuai dengan jadwal. Para peserta yang hadir sendiri merasa puas serta mendapat ilmu dan pengetahuan baru terkait dengan pemanfaatan sekam padi.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?