Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana emasaran Online Untuk Meningkatkan Keterampilan Bisnis Masyarakat Desa Kendal, Gondang Tulungagung

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa pada suatu daerah tertentu yang umumnya pada sebuah desa. KKN yang diadakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang asal Tulungagung merupakan KKN pulang kampung yang berlokasi pada Desa Kendal. Desa Kendal terletak pada Kecamatan Gondang, Tulungagung. Kegiatan KKN yang dilakukan juga masih dalam serangkaian KKN di era Pandemi Covid-19.

Sebagian besar masyarakat Desa Kendal memiliki mata pencaharian sebagai petani atau pekebun. Selain itu masyarakat Desa Kendal juga memiliki beberapa UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Namun masih belum berjalan secara maksimal dan memiliki jangkauan yang luas. Karena sistem pemasaran masyarakat Kendal masih tradisional atau belum mengenal pemasaran melalui media sosial.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Desa Kendal mengadakan suatu kegiatan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran online kepada masyarakat Desa Kendal. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar jangkauan konsumen usaha masyarakat Desa Kendal bisa lebih luas, lebih hemat biaya, efisien, dan efektif diterapkan pada era pandemi. Pelatihan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 19 Juni 2021 pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB. Masyarakat pun menyambut acara ini dengan antusias dengan dihadiri oleh 8 peserta dari masyarakat desa Kendal, serta dihadiri oleh 3 undangan yakni salah satunya adalah Kepala Desa Kendal. Kegiatan ini dihadiri dengan peserta yang terbatas karena masih dalam era pandemi covid-19 sehingga perlu diadakannya pembatasan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kendal berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Kendal, khususnya dalam mengoptimalkan usaha masyarakat. dalam kegiatan ini, materi disampaikan oleh 2 mahasiswa KKN desa Kendal yaitu materi terkait “Pentingnya Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online” oleh Titis Sutradara Husnaa, dan materi “Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaraan Online” disampaikan oleh Rina Uswatul Khasanah. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan seluruh panitia yang bertugas sangat bersemangat.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?