Pelatihan Microsoft Office Excel Oleh Mahasiswa KKN UM Untuk Perangkat Desa Kendal, Gondang, Tulungagung

Saat ini teknologi merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja. Teknologi telah berkembang menjadi berbagai macam jenis dan model, salah satunya adalah Microsoft Office. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Office ini, dimana Microsoft Office ini memiliki berbagai macam jenis aplikasi yang membantu pekerjaan kita. Salah satu contohnya adalah Microsoft Office Excel yang merupakan aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melakukan suatu perhitungan.

Di desa Kendal, menurut informasi yang telah didapatkan dari sekretaris desa atau carik, perangkat desa masih asing dalam menggunakan Microsoft Office Excel ini. Perangkat desa lebih sering menggunakan aplikasi Microsoft Office Word untuk membuat laporan dan melakukan perhitungan dengan manual. Sehingga hal ini membuat mahasiswa KKN UM mempunyai ide untuk memberikan pelatihan Microsoft Office Excel kepada perangkat desa Kendal.

Hari Selasa, 22 Juni 2021 tim KKN dari Universitas Negeri Malang mengadakan pelatihan Microsoft Office Excel untuk perangkat desa Kendal. Kegiatan pelatihan ini diadakan secara offline di Kantor Kepala Desa Kendal yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Pelatihan ini menghadirkan seorang pemateri yaitu saudara Hafiz Ari Putra. Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kendal, Sekretaris Desa Kendal, serta 5 perangkat desa.

Pelatihan ini dibuka tepat pukul 09.00 WIB oleh mahasiswa KKN UM, Difa Fadilatul selaku MC. Setelah acara pembukaan, langsung diadakan sesi penyampaian materi mengenai Microsoft Office Excel oleh pemateri. Materi yang disampaikan seputar menu-menu yang ada di Microsoft Office Excel serta beberapa rumus-rumus yang dapat digunakan dalam perhitungan.

Pelatihan ini diikuti dengan sangat antusias oleh perangkat desa yang terlihat dari sesi tanya jawab, peserta antusias bertanya mengenai Microsoft Office Excel. Setelah selesai sesi tanya jawab, pelatihan ini ditutup dengan melakukan foto bersama perangkat desa, pemateri, dan tim KKN UM.

Harapan setelah diadakan pelatihan ini, para perangkat desa bisa lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan Microsoft Office Excel serta dapat melakukan perhitungan secara otomatis menggunakan rumus-rumus yang ada tanpa menggunakan perhitungan manual.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?