CEGAH COVID-19!!! MAHASISWA KKN UNIVERSITAS NEGERI MALANG ADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER UNTUK WARGA KENDAL

Foto Bersama Ibu PKK dengan Mahasiswa KKN UM

27 Juni 2021

TULUNGAGUNG – Minggu (20/6/2021) mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang menyelenggarakan pelatihan pembuatan hand sanitizer dari tanaman obat keluarga (TOGA) di balai Desa Kendal, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung bersama ibu-ibu PKK yang diketuai oleh Ibu Sri Indahwati yang sekaligus menjadi Bidan Desa Kendal.

Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 – 11.30 WIB. Acara diawali dengan sambutan ketua PKK, dan disusul dengan pengantar atau penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang disampaikan oleh Saudari Avivatu Rizka Chamidah. Acara selanjutnya adalah demonstrasi  pembuatan hand sanitizer yang dipandu oleh Saudari Harum Masitoh.

Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer
Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: perasan jeruk nipis, sari aloe vera, alkohol 70%, dan akuades. Adapun cara pembuatan hand sanitizer adalah:

  1. Siapkan air perasan jeruk nipis yang telah disaring.
  2. Siapkan gel lidah buaya yangtelahdibersihkan,kemudianhaluskan danambil sarinyadengan cara
  3. Siapkan alkohol70% sebanyak
  4. Campur ketigabahan tersebuthingga rata.
  5. Jika sudahtercampur,masukkan dalambotol spray. Handsanitizer siapuntuk digunakan.

Peserta antusias mengikuti acara pelatihan tersebut. Mereka bertanya tentang manfaat yang terkandung dalam setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan warga Kendal bisa memanfaatkan tanaman sekitar untuk melindungi diri dan keluarga dari virus dan wabah covid-19.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?