Usaha Ayam Berdayakan Banyak Warga Kendal

Ternak ayam merupakan usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang sangat tertarik dan menekuni usaha yang satu ini. Sesuai dengan nama yang diberikan, ayam pedaging adalah ayam yang diambil dagingnya. Baik daging ataupun telur merupakan kebutuhan manusia demi memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Indonesia sendiri merupakan negara yang masyarakatnya gemar mengonsumsi daging ayam dan telur.

Desa Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu desa yang sebagian besar warganya bermata pencaharian menjadi peternak unggas. Salah satunya adalah ternak ayam potong. Bibit ayam (DOC) biasanya diperoleh dengan beberapa cara antara lain dengan menetaskan sendiri atau langsung membeli DOC dari produsen terpercaya. Peternakan ayam di Desa ini mempunyai kapasitas antara 500 s/d 3000 ekor ayam per orang peternak. Ayam potong tersebut siap di panen jika umur ayam harus memasuki usia 35-42 hari dan mempikili berat badan melewati 39 gram.

Kendala yang sering dilami para peternak di Desa Kendal adalah ayam potong sangat sensitif, mudah terserang penyakit dan mudah mati. Menurut beberapa peternak di Desa ini, perawatan ayam potong harus dilakukan secara ekstra, baik pemberian pakan dan minum harus diperhitungkan secara tepat, begitu juga luas kandangnya, demikian pula dengan temperatur kandang sangatlah penting untuk diperhatikan. Namun keuntungan yang diperoleh setiap bulannya sangat menjanjikan, bahkan mencapai puluhan juta rupiah untuk ternak ayam potong skala besar.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?